Definisi & Sejarah Web
a).Definisi
WEB
Secara terminologi, website adalah kumpulan dari
halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain,
yang tempatnya berada di dalamWorld Wide Web ( WWW ) di dalam Internet. Sebuah
halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text
Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol
yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para
pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website tersebut dapat
membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman - halaman dari website dapat diakses melalui
sebuah URL yang biasanya disebut Homepage. URL ini mengatur halaman situs untuk
menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink - hyperlink yang ada di halaman
tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan
bagaimana arus informasi ini berjalan. Beberapa website membutuhkan subskripsi
( data masukan ) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi
website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs - situs bisnis, situs - situs
e-mail gratis, yang membutuhkan subkripsi agar kita dapat mengakses situs
tersebut.
b).Sejarah
Web
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim
Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara
untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu
sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang
diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan
jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi
yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat
yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian
Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee
membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan
Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN.
Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada
jaringan Internet.
MiMAX, Hypertext, Internet, Usenet, FTP, Gooper.
a).Memex
Memex ( berasal dari "memori" dan
"index") adalah nama dari
sistem proto hypertext hipotetis yang dijelaskan oleh Vannevar Bush pada tahun
1945 di Artikel Atlantic Monthly As We May Think (AWMT). Bush membayangkan
memex sebagai perangkat di mana individu akan kompres dan simpan semua
buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, mekanis sehingga dapat berkonsultasi
dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas. Memex akan memberikan suplemen
penting dan diperbesar ke memori seseorang. Konsep memex mempengaruhi
perkembangan sistem hypertext awal (akhirnya mengarah pada pembentukan World
Wide Web) dan perangkat lunak basis pengetahuan pribadi.
Teknologi yang digunakan akan menjadi kombinasi
kontrol elektromekanik, kamera mikrofilm dan pembaca, semua terintegrasi ke
dalam meja besar. Sebagian perpustakaan mikrofilm akan telah terkandung dalam
meja, tetapi pengguna bisa menambah atau menghapus gulungan mikrofilm.
Memex akan menjadi semacam file pribadi mekanik dan
perpustakaan. Ini akan menggunakan penyimpanan mikrofilm, fotografi kering, dan
komputasi analog untuk memberikan sarjana pasca perang akses ke repositori,
besar diindeks pengetahuan. Setiap bagian yang bisa disebut dengan beberapa
penekanan tombol.
Visi dari memex mendahului, dan dikreditkan sebagai
inspirasi bagi kita, sistem pertama hypertext praktis dari tahun 1960-an. Bush
menggambarkan visi memex dan lainnya dari "As We May Think" sebagai
proyeksi dari teknologi yang dikenal pada tahun 1930 dan 1940 - dalam semangat
Jules Verne atau 1945 usulan Arthur C. Clarke untuk mengorbit satelit
geosynchronous untuk telekomunikasi global. The memex diusulkan oleh Bush akan
menciptakan jejak link yang menghubungkan urutan frame mikrofilm, daripada link
dalam pengertian modern di mana hyperlink menghubungkan kata frase tunggal atau
gambar dalam dokumen dan tujuan lokal atau remote.
Memex ini akan memiliki fitur selain menghubungkan.
Pengguna dapat merekam informasi baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto
dari kertas atau dari layar sentuh yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa
menyisipkan komentar sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung
dengan jejak sisi ke item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui
labirin bahan yang tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy
dari jejak yang menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan
dalam memex sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.
Mengingat memex, sarjana bisa menciptakan alat sendiri
pengetahuan sebagai koneksi dalam berlembar-lembar informasi, berbagi
alat-alat, dan menggunakan kompleks alat untuk menciptakan pengetahuan namun
lebih canggih yang pada gilirannya dapat digunakan terhadap pekerjaan ini The
memex telah dibayangkan. sebagai sarana mengubah ledakan informasi menjadi
ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah satu impian mendefinisikan media
baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi catatan.
Antara tahun 1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang
mahasiswa Stanford yang sedang mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya
kepada atasannya. Supervisor baru saja melihat demonstrasi dari World Wide Web
dan menyarankan dapat ditingkatkan dan lebih baik serupa dengan memex
dijelaskan oleh Vannevar Bush jika link tidak harus secara manual dimasukkan
dan bukan satu bisa mengikuti link hanya dengan menggunakan kata-kata sendiri.
Flaherty melanjutkan untuk menciptakan AltaVista, yang dicari pertama,
full-text database dari sebagian besar dari Web.
b).HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan
untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam
sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis
kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang
terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak
pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home
page dengan perintah- perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya
banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML
(Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang
digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan
standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World
Wide Web Consortium (W3C).
c).Internet
internet adalah jaringan komputer yang saling
terhubung secara global yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar
informasi/data melalui jaringan tersebut. Internet adalah sistem komunikasi
data berskala global, suatu infrastruktur yang terdiri dari hardware dan
software yang menghubungkan komputer yang berada di jaringannya. So, internet berbicara
mengenai jaringan komputer yang terhubung dan saling berinteraksi satu sama
lain dalam skala global.
d).USENET
Singkatan dari user network, merupakan salah satu jaringan tertua yang
dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan
dikembangkan pada Duke University dan
North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah
untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung
pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan
juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
e).FTP
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang
paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan
pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara
klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat
mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP
adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer
yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP
dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner
dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari
server FTP.
f).GOPHER
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang
dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui
Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher
disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi
akhirnya gagal mencapai popularitas.
Jenis-jenis
Web berversi
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang
merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja
dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi
pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki
sifat yang sedikit interaktif.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya
diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 3.0
definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari
pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan
perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web
3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam
membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan
definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki
tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya
diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di
dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat
lunak (software agents).
Pertumbuhan
Sosial dan Ekonomi
Dengan berkembangnya teknologi secara pesat juga
berpengaruh pada pertumbuhan kehidupan sosial dan ekonomi. Adapun dampak yang
ditimbulkan dari pesatnya perkembangan teknologi adalah sebagai berikut :
Efek Positif
Banyak pakar
yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi
sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.
Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan
pria semakin menonjol
Meningkatnya
rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena
yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya
diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa
Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia
Tekanan,
kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi
globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras
Pertumbuhan
ekonomi yang semakin tinggi
Terjadinya
industrialisasi
Produktifitas dunia industri semakin meningkat
Persaingan
dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan
pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi,
akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang
diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan
akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan
adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan
pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang
berubah tersebut.
Efek Negatif
Melemahkan
rasa gotong royong dan tolong menolong sebagaimana ini menjadi ciri khas
masyarakat Indonesia
Berkurangnya
sosialisasi karena kurang proses tatap muka atau face to face karena pesatnya
perkembangan alat komunikasi, hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi
hampa
Perbedaan
kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin
besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia
pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah
perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol
Terjadinya
pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai
dengan yang dibutuhkan
Sifat
konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga
melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros
dan memiliki jalan pintas yang bermental instant
Kemajuan TIK
juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di
masyarakat antara orang kaya dan orang miskin
Adanya aksi
tipu menipu dalam proses jual beli online yang dapat merugikan beberapa pihak
Web Science
dan Metodologi web Science
a).Definisi
Web Science
Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua
arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai
kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau
gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang
bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang
saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan
dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia
dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan
ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu
yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumer yang akurat
dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi
yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk
memperoleh informasi.
Sesuai namanya web science membahas tentang segala sesuatu
yang berhubungan dengan dunia World Wide Web (WWW). Semenjak diperkenalkannya
Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan web science sangat luar
biasa. Diiringi pula dengan keilmuan web itu sendriri yang menjadi cabang ilmu
baru di dunia pendidikan. Konferensi pertama Web Science di Athena, Yunani
Maret 2009 mengukuhkan cabang ilmu studi tersendiri yang dengan cepat menyebar
ke seluruh dunia yang menjadikan dunia intenet semakin bekembang pesat.
Web Science itu sendiri terdiri dari beberapa gabungan disiplin
ilmu pengetahuan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Dari gambar diatas , terdapat banyak sekali macam-macam ilmu
pengetahuan yang saling berkaitan dengan Web atau jaringan. Jenis-jenisnya
adalah sebagai berikut :
1. Web Engineering
2. Artificial Intelligence
3. Mathematics
4. Psychology
5. Biology
6. Ecology
7. Sociology
8. Socio Culture
9. Law
10. Economics
11. Media.
b).Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web
telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana
keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan
pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial
secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Sumber :
www.web-science.blogspot.com
www.anggiyulianto.blogspot.com
www.ilfen.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar